Jumat, 31 Desember 2010

TIPS MENGATASI DAN MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Kategori: Kecantikan
Seorang wanita yang memiliki rambut  indah akan menambah rasa percaya diri pada si pemilik rambut. Sebaliknya seseorang yang memiliki rambut rontok akan mengurangi rasa percaya diri. Rambut rontok adalah sesuatu yang bisa menimbulkan kekecewaan dan kekhawatiran bagi seorang wanita. Apalagi jika memiliki rambut yang tipis selalu rontok setiap disisir, lama – lama rambut kita habis. Lalu bagaimana mengatasi masalah kerontokan rambut.
Ada beberapa tips bagi kita yang sering mengalami masalah kerontokan rambut yaitu :
·            Jangan menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik walaupun sedikit.
·            Gunakan shampo herbal atau shampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
·            Jangan menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau air hangat suam - suam kuku.
·            Hindari terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer. Jika terpaksa, pakai dengan suhu yang rendah. Usahakan jarak rambut dengan pengering sekitar 10 - 15 cm.
·            Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
·            Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut apalagi saat tidur untuk membuat relaksasi.
·            Gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari langsung.
·            Oleskan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidakmudah patah.
·            Seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut untuk menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini bisa mencegah kerontokan secara perlahan.
·            Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
·            Lakukan perawatan pada rambut minimal 2 minggu sekali seperti creambath, masker dan hair spa. Gunakan masker rambut sebagai nutrisi untuk merawat dan memulihkan kesehatan dan keindahan rambut. Pakai 2-3 kali seminggu.
·            Makanlah makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung vitamin seperti sayur dan buah, zat besi seperti sayuran hijau tua serta protein karena  protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain. 
·            Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
·            Hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.
·            Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran dan menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.
·            Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.
Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat ^_^




By: Ririn Yanuar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar