Jumat, 31 Desember 2010

TIPS MERAWAT KOMPOR GAS

Kategori: Property   
Dengan adanya subsidi kompor gas dari pemerintah, hampir disetiap rumah tangga sekarang banyak menggunakan kompor gas. Berbagai kompor gas juga dijual di pasaran dari berbagai ukuran. Supaya kompor gas di rumah kita awet, tahan lama, dan tidak membahayakan maka diperlukan perawatan, antara lain:
  1. Setelah selesai menggunakan kompor gas, tunggu hingga agak dingin kemudian bersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat gigi bekas supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.
  2. Waktu membersihkan kompor gas, jika dari stainles steel dibersihkan dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun dengan air hangat. Usap perlahan-lahan terutama di bagian sisa-sisa minyak goreng karena jika dibiarkan kompor akan berkarat. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.
  3. Perhatikan letak selang gas menuju kompor, jangan sampai berada dekat keluarnya api, karena selang akan cepat panas dan mengakibatkan kebocoran gas.
  4. Supaya gas tidak bocor, selang yang untuk menyalurkan gas dari tabung ke pipa kompor harus dipastikan masuk sedalam mungkin dengan menggunakan selang karet.
  5. Perhatikan, jangan menyalakan api tanpa ada alat masak di atasnya, walaupun hanya sebentar. Bau gas yang ditimbulkan bisa sangat menyengat.
  6. Alasi kompor dengan kertas Koran. Gantilah kertas Koran itu setiap dua minggu sekali agar tetap bersih.
Selamat Mencoba.. Semoga bermanfaat. ^_^

By: Ririn Yanuar -> Klik <-

1 komentar: