Jumat, 31 Desember 2010

TIPS MEMBASMI TIKUS DI RUMAH

Kategori: Property

Tikus adalah binatang yang sangat menjijikkan, selalu mengotori rumah, merusak perabotan, mencuri makanan, pembawa penyakit, baunyapun tak sedap. Keberadaan tikus-tikus yang kian hari kian menggelikan bentuknya itu sangatlah mengganggu , selain sangat berisik, tikus sering buang air kecil dari atap membasahi lantai yang baunya sangat menyengat. Dengan adanya tikus – tikus yang berkeliaran di rumah sangat membuat kita tidak nyaman.
Tikus banyak jenisnya, yang akan menjadi fokus dalam tips kali ini adalah tikus rumahan, berikut perbedaannya. Pertama, Tikus rumahan, ukuran lebih kecil dan bersih, suka memanjat, ukuran badan 15-20 cm. Kedua, Tikus got/selokan, ukuran lebih besar, suka menggali, ukuran 20-30cm. Tikus got atau dikenal wirog ini jarang masuk kedalam rumah. Biasanya hidup diselokan. Sistem pembuangan air yang tidak baik bisa membuat tikus ini masuk kedalam rumah.
Ada berbagai cara untuk mengusir tikus yaitu:
1.      Alat pengusir tikus elektrik. Selain harganya mahal, alat ini sudah mulai banyak dikeluhkan karena kurang ampuh.
2.      Secara teknis tikus tidak dapat memanjat tembok, sehingga rumah dengan pagar yang baik hampir dipastikan terhindar dari tikus. Tapi tikus dapat dengan mudah memanjat tiang kecil, saluran air ataupun bahan lain yang memungkinkannya untuk mencengkram.
3.      Pastikan setiap akses saluran pembuangan tertutup dengan baik. Tindih atau beri pemberat setiap saluran pembuangan untuk menghindari masuknya tikus yang berasal dari got.
4.      Racun tikus. Cara ini sangat ampuh. Tapi tikus-tikus yang telah menelan racun seringkali mati di tempat-tempat yang tersembunyi sehingga bangkainya menimbulkan bau yang tak sedap.
5.      Perangkap tikus. Anda dapat memancing tikus untuk masuk ke dalam perangkap Anda dengan meletakkan sepotong daging atau selai kacang/coklat. Pastikan jebakan Anda terpasang dengan tepat agar umpan Anda tak sia-sia.
6.      Alat jebakan lain yaitu jebakan lem tikus, alat ini sangat efektif  karena alat ini bisa dipakai berkali-kali dengan menambahkan lem setiap kali ada tikus yang terjebak.
7.      Minyak mint. Oleskan minyak mint pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak suka bau mint.
8.      Kapur barus. Hancurkan kasar kapur barus kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif. Murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.
9.      Memelihara hewan seperti jangkrik atau kucing bisa menjadi salah satu cara. Tapi tentu ada efek samping yang menimbulkan masalah lain.  Jangkrik, diyakini tikus tak suka dengan suara jangkrik. Tapi selain tikus, telinga Anda pun mungkin agak terganggu dengan suara sang jangkrik. Kucing, mungkin efektif untuk tikus-tikus yang berukuran mini. Tapi untuk tikus-tikus raksasa, kucing Anda mungkin akan lari terbirit-birit karena kalah ukuran badan.
Hal terpenting yang harus diingat adalah jagalah kebersihan rumah kita. Mari hidup sehat dengan meminimalisir kehadiran tikus-tikus pembawa penyakit itu ke rumah kita. Selamat Mencoba.. Semoga bermanfaat ­^_^


By: Ririn Yanuar -> Klik <-

3 komentar:

  1. Tikus binatang yang sangat menyebalkan huft..

    BalasHapus
  2. wah terima kasih tipsnya,sangat bermanfaat dan saya baru tau kalo tikus tidak suka dengan bau mint :)

    BalasHapus