Sabtu, 20 Juli 2013

Suramadu: Jembatan Kebanggaan Indonesia

Liburan semester pertama tahun 2010 kemarin saya menghabiskan liburan di Surabaya dan Madura. Banyak tempat wisata yang saya kunjungi tetapi yang akan saya ceritakan disini adalah tentang jembatan Suramadu yaitu jembatan yang menghubungkan Surabaya-Madura. Kalau Amerika selalu membanggakan “Sanfransisco Golden Gate” nya, Sebagai Warga Negara Indonesia kita juga harus bangga memiliki “Suramadu”. Jembatan Suramadu bukan hanya jembatan yang terpanjang di Indonesia, tetapi juga terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang kurang lebih 5.438 m dan lebar 30 m.
Berdasarkan catatan petugas tentang Suramadu dijelaskan bahwa sebelum Suramadu dibangun banyak yang ragu apakah mungkin membangun jembatan di daerah patahan dan gempa, bagaimana dengan tiupan angin laut selat Madura yang kencang. Akhirnya dilakukan penelitian selama tahun 2003-2004. Penelitian yang lebih bersifat technical study dilakukan terhadap 12 item yang kebanyakan berupa parameter tanah.
Dari sisi seismic hazard analysis, misalnya, diperoleh kesimpulan, di sekitar lokasi jembatan tidak ditemukan suatu patahan aktif. Berdasarkan katalog gempa juga tidak ditemukan gempa dengan magnitude di atas 4 skala Richter sehingga kondisi di sekitar lokasi jembatan cukup stabil. Karena menghubungkan dua pulau, teknologi pembangunan Jembatan Suramadu didesain agar memungkinkan kapal-kapal dapat melintas di bawah jembatan.
Jembatan ini dirancang kuat bertahan hingga 100 tahun atau hampir menyamai standar Inggris yang mencapai 120 tahun. Karena berada di tengah lautan, Suramadu berpotensi terkendala faktor angin besar. Untuk memastikan keamanan kendaraan yang melintas di atas Suramadu, Departemen Pekerjaan Umum membangun pusat monitoring kondisi cuaca, khususnya angin.Jika kecepatan angin mencapai 11 m/s atau sekitar 40 km/jam, jembatan harus di tutup untuk kendaraan roda dua, Jika kecepatan angin bertambah hingga 18 m/s atau sekitar 65 km/jam, jalur untuk kendaraan roda empat pun ditutup. Langkah ini semata-mata untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara.
Suramadu sungguh luarbiasa. Jika berkesempatan liburan ke Surabaya lagi saya akan menyempatkan mengunjungi Suramadu kembali.




Regards,
Ririn Widiya

17 komentar:

  1. Suramadu ini kalau malam indah banget kerlap kerlip lampunya ^^

    BalasHapus
  2. Ih keren jembatannya.. Eee tapi gak untuk bunuh diri kayak di sanfransisco golden gate kan? Ya mudah2an warga Indonesia gak suka yang begitu2 :D

    BalasHapus
  3. Jembatan Suramadu semoga bs mendunia..

    BalasHapus
  4. @Yulian: InsyaAllah enggak.. Soalnya kan ada banyak cc tv di sekitar area jembatan.. Mungkin di sanfransisco golden gate jg banyak cc tv nya ya entahlah knp malah terkenal buat ajang bunuh diri ya disana..

    BalasHapus
  5. @Statistika: Amin.. Makanya mari kita bersama-sama mempromosikan wisata Indonesia ke Dunia.. :D

    BalasHapus
  6. Wow keren banget deh! Jadi pengen jalan-jalan ke Suramadu,kapan ya bisa kesampean...

    BalasHapus
  7. @Marnes Clicker: Hehe.. Amin.. Semoga bisa kesampaian kesana ya.. Terus nanti share pengalamannya di blog :D

    BalasHapus
  8. pengen juga bisa ke suramadu Uhuk :")

    BalasHapus
  9. @Angga Zulika Ramadhani: Semoga bisa kesana ya. Amin :D

    BalasHapus
  10. bagus kalo dilihat pas malem ya, jeng. lebih romantiss ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jeng, lampunya indah banget apalagi sambil melihat pemandangan laut.. So sweet.. ^^

      Hapus
  11. Sepertinya dulu pernah ngelewati jembatan ini, tapi kapan ya.. Kebiasaan kalau di perjalanan suka tidur >_<

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Semoga ada kesempatan mengunjungi suramadu ya, insyaAllah bisa kesana :)

      Hapus
  13. Kapan ya bisa foto2an di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali2 liburan kesana.. Mungkin kl pas maen ke Surabaya usahakun mampir Suramadu :D

      Hapus